Cara Cek Garansi Ponsel iPhone

cobailmu.com – iPhone banyak diburu walau kita sama-sama tahu sebuah ponsel iPhone tidaklah murah. Harganya selalu diatas rata-rata ponsel android untuk keluaran terbaru. Hal ini menjadikan konsumen yang ingin memiliki ponsel iPhone harus merogoh kocek lebih dalam untuk memilikinya.

Namun dengan keinginan konsumen yang tinggi, dan mengharapkan harga yang murah sehingga banyak beredar iPhone murah di pasaran. Bahkan harganya yang sangat tidak masuk akal murahnya.

Sebagai konsumen anda tentunya harus jeli untuk memilih iPhone yang dijual di pasaran. Pastikan iPhone yang anda beli adalah asli. Tapi terkadang konsumen dibuat bingung untuk menentukan garansi iPhone. Dikarenakan banyaknya jenis garansi yang beredar di pasaran.

Lalu apa saja jenis garansi iPhone? Garansi apa yang harus kita pilih untuk membeli iPhone baru?

Beberapa Jenis Garansi Ponsel iPhone

Garansi Resmi

Dari namanya juga sudah pasti ketahuan bagaimana garansi ini. Betul sekali garansi resmi ini diberikan oleh Apple pada perusahaan distributor yang ada di suatu negara. Seperti di Indonesia, distributor resmi pasti akan memberi garansi pengguna Apple untuk jangka waktu tertentu.

Garansi Distributor

Sesuai namanya garansi ini diberikan oleh distributor kepada konsumen. Karena garansi distributor, maka anda tidak bisa klaim garansi ke Apple center resmi, dan hanya bisa melakukan garansi kepada pihak distributor.

Garansi Internasional

Pada garansi Internasinal anda bisa klaim garansi di seluruh dunia yang berlabel authorized reseller Apple

Garansi Toko

Garansi yang anda dapatkan berasal dari toko tempat anda membeli ponsel iPhone. Garansi yang diperoleh biasanya relatif singkat, jika dibandingkan garansi resmi ataupun yang lainnya. Harga ponsel iPhone nya pun tergolong lebih murah dari pada umumnya.

Setelah kita mengetahui garansi yang ada di pasaran, yang bisa kalian pilih dalam memberli ponsel iPhone, sekarang saatnya kita masuk pada ulasan cara mengecek garansi ponsel iPhone. Berikut ulasannya:

Cara Cek Garansi Ponsel iPhone

  1. Pada iPhone anda dapat masuk ke menu Settings
  2. Pilih pada menu General > About
  3. Pada layar iPhone anda akan Nampak serial number iPhone
  4. Buka browser anda, dan ketikkan alamat ini https://checkcoverage.apple.com/id/in/ periksa garansi iPhone
  5. Masukkan serial number yang tertera pada iPhone anda ke dalam situs tadi, kemudian masukkan kode captha lalu klik Lanjutkan
  6. Setelah itu kalian dapat memasukkan negara > Service and Repair > see your service and support coverage
  7. Selesai, jika anda berhasil akan ditampilkan detail garansi yang dimiliki oleh iPhone anda

perlindungan iPhone

Sampai disini anda akan tahu informasi dari iPhone yang anda gunakan mulai dari garansi, hingga tanggal pembelian pun sudah tertera dengan jelas.

Agar kalian tidak tertipu dalam membeli iPhone, berikut kami berikan kondisi iPhone yang dijual di pasaran.

Jenis Kondisi iPhone:

Original

Kondisi iPhone ini harus anda miliki bagi anda yang ingin membeli iPhone baru. Harga dan kualitas resmi dari pihak Apple. Pastikan kalian mendapatkan iPhone original di distributor resmi Apple. Pastikan toko yang anda kunjungi adalah distributor resmi yang ditunjuk oleh Apple, karena tidak semua distributor mengantongi izin resmi.

Refurbish

Kondisi ponsel iPhone refurbish merupakan rekondisi. Namun hal ini dilakukan leh pihak resmi Apple. Garansi yang diberikan juga resmi, namun keadaan mesin adalah part dari iPhone bekas namun masih berfungsi dengan baik.

Rekondisi

Berbeda dengan refurbish, iPhone rekondisi ini adalah kondisi dimana iPhone sudah diperbaiki dalam sparepart bekas dan dipoles ulang agar Nampak seperti baru. Kondisi ini biasanya ditemui pada tipe iPhone yang sudah lama diproduksi seperti iPhone 4, 4s, dan lainnya.

BM atau Black Market

iPhone blackmarket atau BM adalah rekondisi dengan memperbaiki atau mereplace/menggantikan part yang rusak atau tidak berfungsi, namun keadaannya tidak terlalu baik. Jelas harganya murah, namun biasanya kondisi ini memiliki garansi sekitar 1 bulan.

KW atau Supercopy

Kondisi iPhone ini sangat tidak kami rekomendasikan, karena KW atau palsu dalam arti tiruan. iPhone KW atau supercopy ini hanyalah rangka dan bagian luarnya saja yang Nampak seperti iPhone. Namun system operasinya adalah Android bukan menggunakan iOS.

Demikian ulasan mengenai kondisi pada ponsel iPhone, kalian tertarik untuk membeli yang mana?