Cara Daftar Jualan di Shopee

Siapa yang tidak tahu e-commerce yang saat ini sedang populer yaitu shopee. Shopee merupakan sebuah toko online dimana kita bisa membeli segala barang yang dijual didalamnya secara online. Tidak hanya itu saja, ketika kita menginstall aplikasi shopee, selain kita bisa membeli barang, kita juga bisa ikut menjadi salah satu penjual yang menjajakan barang kita lewat aplikasi shopee.

Bagi kalian yang baru mengenal shopee, pasti mengira aplikasi yang satu ini hanya untuk tempat menjual barang, padahal di dalam aplikasi shopee ini kita juga bisa berpartisipasi menjual barang didalamnya sebagai penjual. Bagi kalian yang berminat untuk menjadi seller atau penjual di dalam aplikasi shopee, kita akan membahas cara daftar jualan di shopee.

Untuk menjadi seorang penjual dan menjajakan barang dagangan kita di shopee, ada beberapa langkah yang harus kita ikuti agar bisa diterima berjualan, berikut ini beberapa cara daftar jualan di aplikasi shopee.

Buat akun seller shopee

Buat akun seller shopee

Untuk pertama kita bisa terlebih dahulu unduh aplikasi shopee dari ponsel smartphone kalian, jika tidak ingin mendownload, kalian bisa langsung kunjungi situsnya di shopee.co.id. Kemudian buka aplikasinya dan klik daftar.

Kalian bisa mendaftarkan diri menggunakan akun facebook, gmail, dana kun iPhone kalian. Namun jika ingin membuat akun lain selain menggunakan akun media social, setelah kalian klik daftar maka akan muncul kotak pendaftaran berupa memasukan nomor ponsel kalian, isikan nomor telepon kalian dan kalian akan mendapatkan kode OTP untuk melakukan akses masuk dan mengisi data diri kalian.

Buka link penjual

Setelah kalian membuat akun di shopee, akun tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk membeli barang yang tersedia di shopee, namun akun tersebut juga bisa kita gunakan untuk membuka toko online kita, namun untuk mengakses toko online, kita harus membuka link seller.shopee.co.id.

Kemudian log in kembali menggunakan akun yang telah kita buat tadi. Dimana pada saat login kalian akan kembali menerima SMS kedalam nomor telpon kalian untuk memasukan kode dan mengakses toko kalian.

Menu dalam seller center

Cara daftar jualan di shopee

Ketika kita pertama kali masuk dalam site penjual di shopee, kita akan melihat berbagai menu di sebelah kiri ketika kita menggunakan web browser kita, disini kita bisa mengakses beragam fitur yang ditawarkan mulai dari pesanan, produk yang kita jual, promosi berbentuk iklan, penghasilan kita, penilaian toko, sampai yang paling bawah adalah pengaturan akun kita.

Tambah produk

Bagi kalian yang ingin berjualan sebuah produk tertentu di shopee, kalian tinggal klik pada bagian produk saya, disana kalian akan menemukan berbagai produk yang sudah kalian jual, dan bila akan menambahkan barang jualan kalian, kalian klik pada bagian tambah produk baru. Kemudian akan muncul jendela baru, isikan nama produk kalian kolom bagian paling atas, kemudian tentukan kategori dari produk yang kalian jual.

Kemudian setelah itu tekan lanjut dan kalian akan masuk kedalam informasi produk yang kalian jual isikan deskripsi secara detail dari produk yang kalian jual.

Setelah mengisi deskripsi produk, lanjut kedalam informasi penjualan, disini kalian disuruh untuk mengisi harga dari produk kalian dan juga jumlah stok yang kalian punyai.

Kemudian setelah harga di setting lanjut ke foto dari produk yang kalianjual, kalian bisa upload foto yang ada di google atau bisa juga upload foto secara real dari produk yang kalian jual, biasanya para konsumen akan lebih memilih melihat produk dengan foto aslinya ketimbang foto yang di dapat dari hasil googling.

Setelah itu, isi berat dari produknya, dan jenis jasa pengiriman yang biasa kalian gunakan, setelah semuanya kalian isi kalian tinggal klik di bagian kanan bawah simpan dan tampilkan untuk bisa langsung di tampilkan di halaman penjualan di aplikasi shopee.

Penghasilan

Setelah produk kalian di pajang di shopee, kalian bisa membuka di bagian penghasilan untuk mengetahui penghasilan yang kalian dapat pada bulan ini, klik pada penghasilan saya dan kalian akan melihat jumlah atau nilai dari hasil penjualan produk yang kalian jual dan telah kalian kirim, sedangkan untuk melakukan penarikan saldo kedalam rekening kita kita klik dibagian saldo penjual, disana terdapat saldo yang bisa kalian tarik kedalam rekeneng bank kalian.

Untuk melakukan penarikan saldo terlebih dahulu kalian mencatatkan nomor rekening dari bank yang ditunjuk shopee. Jika belum memiliki buka tambah rekening dan disana kalian harus memasukan nama kalian yang harus sesuai dengan nama yang ada dalam buku tabungan kalian, pilih bank, cabang bank dan kota atau kabupaten. Setelah itu kalian bisa langsung melakukan penarikan saldo yang ada di akun seller shopee kalian.

Ketika kalian menyetujui untuk melakukan penjualan di shopee, kalian tentunya juga harus mengikuti aturan yang diberlakukan di shopee, dimana tidak boleh menjual barang atau produk yang melanggar hukum atau yang dilarang oleh pemerintah Indonesia.

Dimana di dalam akun seller kita nantinya juga akan terdapat menu penilaian toko dan profil toko, dimana penilaian toko ini sangat berguna bagi kalian yang ingin meningkatkan proses penjualan produk kalian, jangan lupa pula untuk mendekorasi dan mengisi profil dari toko yang kalian buat, pembuatan profil toko ini sangat berguna untuk mengenal toko oleh konsumen dari awal pertama kali membuka toko kalian oleh konsumen.

Biasanya para konsumen akan melihat terlebih dahulu profil dari toko dan juga penilaian dari para konsumen lain terhadap toko kita untuk membeli produk kita, selain itu kalian juga bisa melakukan dekorasi toko, dimana ketika kita mendekorasi toko kita alangkah lebih bijaknya untuk mendekorasi dengan sederhana dan tempatkan produk kalian sesuai dengan kategori masing-masing, sehingga bisa memudahkan para konsumen untuk mencari produk yang akan mereka beli,

Bagi kalian yang ingin cepat laku produknya, shopee juga memberikan sebuah kemudahan dimana tersedia menu iklan, disini kalian bisa melakukan promosi dengan menggunakan voucher toko atau membuat sebuah ikan tentang toko dan produk yang kalian jual. Untuk menggunakan fitur iklan ini, kalian diharuskan membayar sejumlah uang dalam bentuk pemotongan saldo di akun shopee seller kalian, dimana ini dilakukan agar iklan yang kita buat bisa langsung terpampang di depan beranda shopee ketika penjual membuka aplikasi shopee. Sistem iklan ini sama halnya ketika kita menggunakan google ads, untuk melakukan iklan terhadap website yang kita miliki agar pengunjung website semakin banyak dan terindeks oleh google.

Selain menggunakan iklan, kita juga bisa menggunakan sistem badge berupa star seller badge, dimana ketika kita akan menggunakan star seller badge kita terlebih dahulu memenuhi beberapa kriteria yang telah ditentukan, setelah semua kriteria terpenuhi maka kita bisa menggunakan star seller badge tersebut untuk lebih banyak menarik pembeli atau konsumen ke toko kita.