Masalah Laptop Mati Sendiri dan Solusinya

Cobailmu.com Р Masalah Laptop Mati Sendiri dan Solusinya Peralihan penggunaan computer ke laptop sudah begitu mendunia. Saking populernya laptop, hampir semua orang punya laptop untuk melakukan pekerjaan mereka. Karena tidak dipungkiri laptop memang lebih mudah dan sangat menunjang mobilisasi penggunanya. Namun jika saat sedang menggunakan laptop lalu tiba-tiba mati dengan sendirinya bagaimana? Kesal sekali bukan? Apalagi pekerjaan yang sedang dilakukan belum disimpan atau di save.

Jika anda menemui kendala laptop mati sendiri, jangan terlalu panik menghadapinya. Cukup tenang terlebih dahulu dan jangan langsung memutuskan untuk membawa laptop anda ke tukang service. Karena mungkin saja penyebab laptop mati itu bukan dikarenakan kerusakan. Bisa jadi ada hal lain yang membuat laptop kalian mati secara tiba-tiba. Lalu apa saja yang menyebabkan laptop mati sendiri? Berikut ulasannya:

Penyebab Masalah Laptop Mati Sendiri dan Solusinya

 

Laptop Mengalami Overheat

overheat

Overheat atau terlalu panas merupakan keadaan di mana laptop kalian mengalami panas yang teramat sangat. Hal ini bisa jadi karena laptop melakukan pekerjaan yang sangat berat maupun multi tasking yang berlebihan, akibatnya ram dan CPU bekerja lebih keras sehingga membuat laptop panas.

Solusi menangani Overheat

Kalian bisa menggunakan software untuk mematikan aplikasi yang bekerja berat pada laptop. Ataupun bisa juga menutup secara manual aplikasi yang sekiranya bekerja terlalu berat di laptop kalian. Jika kalian ingin cepat, saya sarnkan untuk merestart laptop kalian.

Menaruh laptop di atas Kasur, sofa, atau bantal juga bisa menimbulkan panas berlebihan pada laptop, hal ini dikarenakan tidak lancarnya sirkulasi udara pada laptop.

Solusinya: kalian bisa menggunakan cooling fan untuk mendinginkan laptop. Atau tarus di meja biasa tanpa alas yang dapat menimbulkan panas berlebihan.

 

Pasta Prosesor Kering

prosessor

Penggunaan laptop yang terlalu sering dapat menimbulkan pasta prosesor yang ada menjadi kering. Walaupun tidak selalu disebabkan oleh penggunaan juga sebenarnya, bisa juga karena sudah terlalu lama pasta prosesor tidak pernah diganti. Pasta pada prosesor ini sangat diperlukan, karena berfungsi untuk menghambat pnasa yang berasal dari prosesor ke heatsink. Bagi yang belum tau ap aitu heatsink, heatsink adalah logam terbuat dari alumunium dan tembaga dan berfungsi untuk menyebar panas yang berasal dari prosesor. Solusinya kalian harus memberi pasta yang baru pada prosesor untuk mengganti pasta yang lama.

 

RAM yang Kotor

ram

Penyebab laptop mati dengan sendirinya juga bisa disebabkan oleh RAM yang kotor. Karena RAM yang bekerja untuk laptop anda menjadi terhambat oleh debu dan kotoran. Terlebih lagi jika RAM ada bagian yang berkerak, akan menjadikan pekerjaan RAM terhambat. Solusinya adalah dengan cara membersihkan RAM yang sudah kotor ataupun berkerak, namun lebih baik lagi jika kalian menggantinya dengan RAM yang baru ataupun bisa juga mengupgrade kapasitas RAM.

 

Memaksa Pekerjaan Berat

push

Pengguna laptop pasti pernah memaksa laptopnya untuk melakukan pekerjaan berat diluar kemampuan dan kapasitas dari laptop itu sendiri. Sebaiknya kalian memperhatikan dengan benar spesifikasi yang ada di laptop kalian. Jangan memaksakan untuk melakukan pekerjaan yang terlalu berat unutk laptop kalian. Contohnya jika spesifikasi laptop kalian hanya mendukung untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan office, jangan memaksakan untuk melakukan pekerjaan seperti gaming. Karena kebutuhan untuk melakukan gaming itu sangatlah berat tidak seperti pekerjaan office.

Itulah penyebab dari laptop yang mati sendiri dan solusinya, semoga bisa bermanfaat. Selamat mencoba.